Bertualang ke Objek Wisata Lubuak Timpuruang Andalan Warga Lokal Padang

Salah satu objek wisata nan eksotis yang ada di dekat kota Padang adalah pemandian alami Lubuak Timpuruang.

Lubuak arti katanya “Lubuk” (Lubuk) adalah cekungan (dalam) yang ada di dasar sungai atau kolam yang jadi secara alami.

Timpuruang bermaksud batok kelapa. Nama ini diambil dikarenakan sungainya yang kecil dan mengalir membentuk setengah lingkaran bak sebuah batok kelapa.

Lokasi pemandian alam ini terletak di Kecamatan Kuranji – tidak terlalu jauh dari pusat Kota Padang, dekat dari Pasar dan Perumahan Belimbing.

Akses menuju ke Lubuak Timpuruang sudah cukup bagus dan dapat dilalui kendaraan bermotor baik roda 2 maupun roda 4, via Jalan Bandes yang telah dibeton. Jaraknya sekitar 12 km dari pusat Kota Padang arah ke Timur.

Lingkungan yang asri, tenang, bersih akan memberikan relaksasi tersendiri bagi kita yang berkunjung kesana.

Yang perlu dipersiapkan untuk berkunjung kesana adalah pakaian ganti, pakaian yang enak dan nyaman untuk dikenakan, dan sepatu atau sandal gunung karena untuk menuju lokasi permandian dari lokasi parkiran kendaraan masih ada jarak yang tidak terlalu jauh dimana medan yang dilalui masih ada berupa tanah liat.

Makanan dan minuman secukupnya dan yang terpenting kantong sampah pribadi karena lokasi yang masih berada di hutan kota yang tersembunyi, tidak ada petugas khusus yang bertugas mengumpulkan sampah dari para pengunjung.

Oleh sebab itu kita sebagai wisatawan yang baik haruslah mulai menjaga dari hal yang terkecil seperti tersebut.

Sesampainya lokasi kita akan disuguhi oleh pemandian alam yang indah, air yang sejuk, bersih dan dingin. Sungainya pun tidak terlalu dalam dan deras sehingga cocok juga untuk anak-anak.

Sehabis kegiatan mandi-mandi di lokasi juga ada warung-warung kecil yang menjajakan makanan ringan. Selanjutnya kita bisa berfoto di area perbukitan dan gardu pandang yang tersedia dengan view Kota Padang.

Harga, Biaya atau Tiket Masuk

 130 total views