Cara Menghilangkan Formalin Pengawet Pada Ikan, Cukup Pakai Satu Bahan Dapur

Formalin merupakan zat kimia yang memiliki sifat tidak berwarna dan bau menyengat.

Zat kimia ini berfungsi mengawetkan suatu barang atau sebagai cairan pembersih.

Misalnya untuk campuran desinfektan, obat kutil, pengawet kayu, dan sebagainya.

Namun tidak dapat dipungkiri, zat kimia satu ini juga masih kerap ditambahkan ke dalam bahan pangan, terutama ikan segar. Tujuannya untuk membuat ikan tidak cepat busuk walau sudah mati berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu.

Formalin ini akan menghambat pertumbuhan mikroba penyebab pembusukan pada ikan.

Padahal mengonsumsi ikan berformalin tentu berbahaya, apalagi jika dosisnya sudah sangat tinggi. Dalam jangka panjang, mengonsumsi ikan berformalin dapat menyebabkan kegagalan organ vital seperti ginjal dan otak.

Tapi tidak hanya itu, dilansir dari dislautkan.jogjaprov.go.id, menurut PERMENKES RI No.033 Tahun 2012 tentang

Bahan Tambahan Pangan, formalin memiliki sifat karsinogenik yang juga dapat menyebabkan kanker.

Sebagai konsumen, tentu kamu harus lebih teliti saat hendak membeli ikan agar terbebas dari formalin. Namun jika tetap ragu dengan keamanan bahan pangan tersebut, kamu bisa melakukan deformalisasi atau menghilangkan kandungan formalin dalam ikan.

Cara menghilangkan formalin pada ikan ini pada dasarnya cukup mudah

Cara menghilangkan formalin pengawet pada ikan, cukup pakai satu bahan dapur

Cukup pakai bahan dapur yang mudah didapatkan

Seorang pengguna YouTube bernama Bunda Kabari membagikan cara tersebut melalui salah satu video yang diunggah. Dalam video tersebut, dia memperlihatkan tutorial menghilangkan formalin pada ikan laut yang sudah dibeli.

foto: YouTube/Bunda Kabari

“Biasanya ikan laut itu sudah dalam kondisi mati, ya. Walaupun sudah di es, ikan laut ini sering dikasih formalin oleh pedagang. Karena ikan laut sudah berminggu-minggu berada di nelayan dan sering di es dan juga diberi formalin agar tetap kenyal dan tetap segar sampai di tangan konsumen,” kata YouTube Bunda Kabari dikutip BrilioFood pada Rabu (8/2).

Nah, untuk menghilangkan kandungan formalin tersebut, dia pun memanfaatkan cuka masak. Jadi pertama-tama, tuang dulu 500 ml air ke dalam wadah. Barulah kemudian tambahkan cuka masak sekitar 1-2 sdm ke dalam air tersebut.

foto: YouTube/Bunda Kabari

Selanjutnya, aduk-aduk sampai tercampur rata. Kemudian masukkan ikan yang sebelumnya sudah dicuci dan dibersihkan bagian dalamnya. Rendam ikan selama 30 menit di dalam larutan cuka.

“Untuk menghilangkan formalin di dalam ikan, jika ikan ini mengandung formalin, ya,” terangnya lebih lanjut.

Setelah 30 menit, ambil ikan dan tiriskan. Lalu cuci kembali ikan di air yang mengalir. Proses ini akan membantu menghilangkan sisa cuka dan formalin yang masih tertinggal. Tak perlu khawatir, rasa daging ikan tidak akan berubah asam walau sudah direndam cuka sebelumnya.

Dilansir dari its.ac.id, menurut dosen kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ITS di Surabaya, larutan cuka ini memang dapat mengurangi kadar formalin pada ikan hingga 99,83 persen. Kadar formalin yang berkurang cukup banyak ini tentu membuat ikan jadi lebih aman dikonsumsi.

foto: YouTube/Bunda Kabari
Video tentang cara menghilangkan formalin pengawet pada ikan ini telah ditonton lebih dari 149 ribu kali. Tidak sedikit warganet yang mengaku baru tahu dengan cara menghilangkan formalin tersebut. Namun ada juga warganet yang memberikan saran lain dalam menghilangkan formalin pada ikan.

“Terima kasih bunda atas tipsnya Semoga ini benar2 bermanfaat agar kita semua terhindar dari zat-zat yang berbahaya tersebut,” ungkap YouTube Welmintje Sudarmaya.

“video tutorial yang sangat bermanfaat..terima kasih Bunda.., tambah sukses ya…,” papar YouTube DAPUR MAMA.

“Terima kasih info y bunda,” sahut YouTube Marhana 14.

“Saya juga bersihkan ikan dgn cuka ayam juga,” ujar YouTube Johan Lia786hp.

Cara Menghilangkan Formalin…

2/13/23, 5:21 PM Cara menghilangkan formalin pengawet pada ikan, cukup pakai satu bahan dapur
https://infoterkini687.blogspot.com/2023/02/cara-menghilangkan-formalin-pengawet.html 5/5

IGLO Template by igniel.com

“Kl digoreng atau direbus dg panas 100 derajat celsius.. formalinnya bisa berkurang .. juga kalo mau goreng ikan atau ayam.. panaskan dl minyaknya smp 100 0C,” kata YouTube Reza kusuma

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published.