Peluang Usaha Menjadi Agen BRILink, Keuntungan dan Cara Menjadi Agen

Bak jamur di musim hujan, keberadaan agen BRILink semakin mudah ditemui di mana-mana.

Seperti namanya, agen BRILink sendiri merupakan perpanjangan tangan dari Bank BRI. Lalu bagaimana cara menjadi agen BRILink serta syarat jadi agen BRILink? Apakah keuntungannya cukup menggiurkan?

Dikutip dari laman resmi Bank BRI, agen BRILink merupakan perluasan layanan BRI di mana BRI menjalin kerja sama dengan nasabah BRI sebagai Agen yang dapat melayani transaksi perbankan bagi nasabahnya.

Lewat Agen BRILink, masyarakat tidak harus datang ke bank yang mungkin berjarak cukup jauh untuk melakukan beragam transaksi perbankan seperti transfer uang, setor tunai, tarik tunai, dan pembayaran berbagai macam tagihan. Bahkan seringnya antri terlalu lama sehingga cukup menyita waktu untuk hanya sekedar stor, transfer atau menarik uang.

Biasanya Agen BRILink sangat dibutuhkan di daerah pelosok, daerah yang jauh dari ATM BRI maupun kantor cabang BRI. Sehingga masyarakat pelosok cukup mendatangi agen BRILink terdekat.

Keuntungan dan Peluang Usaha Menjadi Agen BRILink

Berapa sebenarnya keuntungan yang didapat seorang Agen BRILink ketika dari suatu transaksi?
Mungkin sebagian orang ada yang meremehkan peluang usaha yang satu ini, namun coba dipikir ulang, walaupun keuntungan menjadi Agen BRILink ini sedikit. Namun peluang cukup besar! Kenapa?

Inilah keuntungan sekaligus keunggulan, menjadi mitra payment point, karena walau mungkin transaksi sedikit atau tidak ada sama sekali transaksi.

Namun dengan modal deposit dana di rekening, yang sewaktu-waktu kalau perlu, walau tidak ada transaksi, uang itu bisa ditarik atau dicairkan kembali atau dengan kata lain uang tersebut tidak terbenam menjadi modal yang sama sekali tidak bisa digunakan, karena menjadi ‘modal yang terbenam’ kalau misalnya dibelikan ke bahan pakaian atau baju jualan, atau barang-barang P & D, atau alat elektronik jualan.

Seringkali, agen BRILink merupakan usaha sampingan berdampingan dengan bisnis lainnya seperti penjualan pulsa, toko kelontong, dan sebagainya.

Agen BRILink juga merupakan bagian dari Laku Pandai atau Layanan Keuangan Tanpa Kantor yang merupakan program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk penyediaan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya melalui kerja sama dengan pihak lain (agen bank), dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi.

Cara menjadi agen BRILink dan syarat jadi agen BRILink sebenarnya juga cukup mudah. Konsep bisnis agen BRILink adalah menyerupai kemitraan.

Agen BRILink dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara real time online menggunakan fitur EDC miniATM BRI dengan konsep sharing fee. Artinya, agen BRILink akan memungut keuntungan dari setiap transaksi nasabah BRI.

Cara menjadi agen BRILink

Lantas, bagaimana seseorang bisa mendaftar jadi agen BRILink?

Berikut syarat dan cara menjadi agen BRILink yang dikutip dari laman promo.bri.co.id.

Baca juga: Kaesang Sebut Gaji Bapaknya Kecil, Berapa Gaji Presiden RI?

Syarat jadi agen BRILink

– WNI Perseorangan / instansi non berbadan hukum
– Memiliki usaha minimal 2 tahun
– Memiliki rekening simpanan berkartu di Bank BRI, menyetor uang jaminan sebesar Rp 3 juta (khusus EDC) dan saldo tersebut diblokir selama menjadi agen
– Memiliki surat keterangan usaha (sekurang-kurangnya dari perangkat desa)
– Memiliki smartphone android minimal OS 4.4 (Kitkat), akses internet dan printer mobile (optional) bagi agen BRILink Mobile
– Belum menjadi agen dari bank penyelenggara Laku Pandai. Berikut informasi cara menjadi agen BRILink atau jadi agen BRILink. Lihat Foto Berikut informasi cara menjadi agen BRILink atau jadi agen BRILink.(Dok. BRI)

Syarat dokumen jadi agen BRILink

– Identitas
– Fotocopy dokumen identitas pemilik: KTP pemilik / pengurus atau NPWP pemilik (untuk badan usaha) Dokumen usaha Surat keterangan usaha minimal dari RT/RW, atau SIUP, SITU, TDP (untuk agen berbadan usaha)
– Akte pendirian (untuk agen berbadan usaha)
Izin usaha lainnya
Rekening tabungan Fotocopy bukti kepemilikan rekening: buku tabungan / rekening koran
Dokumen pengajuan
Formulir pengajuan AgenBRILink
Perjanjian kerja sama BRILink.

Cara menjadi agen BRILink

Persiapkan syarat dan dokumen yang dibutuhkan
Kunjungi unit kerja BRI terdekat
Pihak BRI akan melakukan verifikasi dokumen
Jika disetujui, Anda sudah bisa menjadi agen BRILink

Layanan agen BRILink

– Transfer ke sesama BRI
– Transfer BRI ke bank lain
– Transfer bank lain ke BRI
– Setor dan tarik tunai
– Bayar listrik
– Bayar belanja online
– Beli pulsa
– Setoran pinjaman
– Top up BRIZZI
– Info Saldo
– Bayar tagihan air
– Bayar BPJS
– Bayar telepon
– Bayar cicilan
– Setoran pinjaman
– Top up tabungan emas Pegadaian.

Keuntungan jadi agen BRILink Ada beberapa keuntungan dengan jadi agen BRILink, selain bisa mendapatkan fee dari setiap transaksi yang dilayani, agen BRILink bisa digunakan sebagai pelangkap dari usaha yang sudah ada secara berdampingan.

Cara menjadi agen BRILink juga tidak membutuhkan modal besar. Untuk agen BRILink mobile, bahkan tidak memerlukan alat EDC karena hanya bermodalkan smartphone.

 3,136 total views