Inilah Keutamaan Ayat Kursi Jika Dibaca Terus Menerus

Inilah Keutamaan Ayat Kursi Jika Dibaca Terus Menerus

Ayat kursi adalah ayat pelindung. Orang yang mengamalkan ayat kursi senantiasa akan terlindungi dari gangguan setan. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, disebut bahwa ayat ini merupakan ayat paling mulia di dalam Al-Quran.

Seperti diketahui ayat kursi terdapat pada surat Al-Baqarah ayat 255. Bunyinya sebagai berikut:

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ – ٢٥٥

Artinya: Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mahahidup, Yang terus menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar. (QS Al Baqarah ayat 255).

Di dalam ayat ini terkandung sifat – sifat utama Allah. Seperti ketuhanan, keesaan, kejayaan, kekuasaan dan Maha Kehendak. Rasulullah bersabda:

Di dalam Surat Al Baqarah, ada satu ayat yang menjadi penghulu bagi seluruh ayat Al Quran. Tidaklah ia dibaca dalam rumah yang di dalamnya ada setan, melainkan setan akan keluar darinya. Itulah Ayat Kursi. (HR Al Hakim). (bpc2)

 328 total views